Gejala Penyakit Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Diabetes merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh kita. Sampai sekarang belum ada obat pasti yang dapat menyembuhkan diabetes. Para penderitanya hanya bisa mengontrol gula agar tetap berada di batas normal. Oleh karenanya, diabetes termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan harus segera ditangani.

Sama seperti penyakit yang lainnya, diabetes muncul disertai dengan berbagai gejala. Masing-masing orang memiliki gejala yang berbeda-beda, jadi gejalanya bersifat lebih khusus.  Misalnya seperti terlalu banyak kencing, pusing, penglihatan kabur, sering mengantuk, dan sebagainya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai gejala diabetes melitus.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2

Gejala diabetes melitus atau penyakit gula
Gejala diabetes melitus atau penyakit gula
  1. Sering lemas dan kurang bertenaga

Apakah Anda akhir-akhir ini sering lemas dan tak tertenaga? Itu bisa jadi gejala diabetes. Lemas dapat muncul disebabkan karena gula dalam tubuh tidak bisa diproses menjadi energi seperti biasanya.

  1. Penglihatan menjadi kabur

Penglihatan menjadi buram dan kabur juga bisa jadi tanda diabetes. Kondisi semacam ini disebabkan karena gula darah yang tingga membuat saraf mata terhambat dalam memberikan respon ke otak. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, akan sangat berpotensi mengakibatkan kebutaan.

  1. Mati rasa

Masih membahas tentang saraf, selanjutnya diikuti dengan munculnya mati rasa alias kebas. Munculnya mati rasa ini disebabkan lantaran gula terlalu tinggi sehingga menghambat pengiriman sinyal yang dilakukan oleh saraf. Namun tak perlu cemas, sebab kondisi akan kembali normal seiringan dengan turunnya kadar gula  darah.

Itulah beberapa gejala diabetes melitus atau kencing manis yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam!

Share Your Thought