Daftar Makanan Penambah Darah untuk Cegah Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana kadar sel darah merah dalam tubuh kita berkurang cukup drastis. Penyebab anemia ada banyak sekali. Mulai dari penderahan sampai kurangnya asupan gizi dalam tubuh, khususnya zat besi. Oleh karenanya, banyak penderita anemia yang direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan penambah darah.

Berbicara mengenai makanan penambah darah, sebetulnya ada banyak sekali jenis makanan sumber zat besi yang dapat Anda konsumsi. Baik itu dalam bentuk buah, sayuran, ataupun daging. Langsung saja simak ulasan seputar daftar makanan untuk menambah darah berikut ini.

Makanan untuk Tambah Darah dan Atasi Anemia

Makanan penambah darah rendah terbaik
Makanan penambah darah rendah terbaik

Kacang-kacangan

Apapun itu jenis kacangnya, baik kacang ijo, kedelai, ataupun lainnya mereka diperkaya dengan kandungan asam folat dan zat besi tinggi yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Daging-dagingan

Banyak yang beranggapan mengatasi anemia cukup dengan konsumsi sate. Memang benar, daging dalam sate menyuplai banyak zat besi untuk tubuh. Beberapa daging merah yang cukup direkomendasikan antara lain daging sapi, daging kambing, daging kelinci, dan masih banyak lagi.

Sayuran dan buah

Tak perlu cemas bagi Anda yang tak suka kacang dan daging. Masih ada sayuran dan buah yang diperkaya dengan kandungan zat besi. Pilihlah jenis sayuran yang berwarna hijau, sebab ia memiliki kandungan zat besi lebih tinggi. Sedangkan untuk buahnya pilih yang berwarna oranye.

Itulah beberapa makanan penambah darah terbaik yang berasal dari sayur, buah, daging, dan kacang-kacangan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam!

Share Your Thought