Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Kunyit merupakan salah satu hasil rempah alam Indonesia yang memiliki bentuk mirip jahe. Meski mirip, tapi keduanya memiliki khasiat yang berbeda. Jika jahe berguna untuk menghangatkan tubuh, kunyit memiliki khasiat yang lebih lengkap. Kandungan kurkumin di dalamnya bisa menjadi obat segala penyakit dan untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Tidak hanya kandungan kurkumin saja, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dalam bentuk vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan inilah yang membuat manfaat kunyit untuk kesehatan semakin lengkap. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan selengkapnya.

manfaat kunyit, khasiat kunyit
manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

  1. Mengurangi rasa nyeri

Kurkumin yang ada dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat berguna untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul pada tubuh, baik itu pada bagian tulang akibat peradangan ataupun kulit akibat luka. khasiat kunyit.

Caranya kamu bisa mengonsumsi air perasan kunyit lalu mengonsumsinya secara rutin sehabis sarapan pagi. Sedangkan untuk mengobati nyeri di bagian luar kamu bisa mengoleskan parutan kunyit secara langsung.

  1. Ruam kulit

Kadang nyeri yang sudah cukup parah juga bisa menyebabkan ruam kulit. Kondisi semacam ini ditandai dengan munculnya gejala kemerahan di kulit.

Walau nanti bisa sembuh dengan sendirinya, tapi cobalah untuk mengatasinya dengan mengoleskan air perasan kunyit ke area yang ruam.

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi

Apakah kamu mengalami kolesterol tinggi? hampir 70 % lebih penderita kolesterol tidak menyadari dirinya terkena masalah satu ini. Oleh sebab itu, sebelum semuanya mengakibatkan komplikasi turunkan segera dengan mengonsumsi air perasan kunyit secara rutin.

Sedangkan untuk efek sampingnya sendiri mungkin akan mengakibatkan perubahan warna feses ataupun urine. Namun bagi kamu yang menderita ginjal ataupun diabetes sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Share Your Thought